Sumber Kalsium Kesehatan bagi Tubuh Anda

Sumber Kalsium Kesehatan bagi Tubuh Anda

Tubuh membutuhkan mineral berupa kalsium (Ca).  Kalsium ini mempunyai fungsi dalam membentuk gigi dan tulang. Tubuh membutuhkan kalsium 100 mg perhari. Apabila tubuh kita kekurangan kalsium maka akan menyebabkan kerapuhan pada pulang atau yang biasa di sebut osteoporosis dan terganggunya pertumbuhan pada tulang.

Selian mengutakan tulang dan juga gigi anda, Kalsium mempunyai manfaat bagi tubuh yaitu dapat melancarkan peredaran darah, menurunkan resiko kanker pada usus, membuat otot lebih lentur, mencegah penyakit jantung, mengurangi keluhan pada wanita yang sedang mengalami haid dan menopause, menormalkan tekanan darah dan sebagainya.

Seperti yang kita ketahui bersama, sumber terbesar kalsium yang paling tinggi adalah susu. Namun ternyata selain itu ada beberapa makanan yang kaya akan kalsium. Berikut ini adalah sumber kalsium yang alami yang harus kita ketahui bersama

Sumber kalsium Alami 

Kalsium Alami pada Ikan Salmon

Sumber kalsium alami yang dimiliki oleh ikan salmon cukup tinggi. Dalam 3 ons ikan salmon yang sudah di kemas dalam kaleng memiliki kandungan kalsium sebesar 181 mg.  Ikan Salmon ini cukup mahal harganya namun jika kita melihat kandungan kalsium yang ada maka nilai manfaat yang diberikan sebanding dengan apa yang kita korbankan. Kandungan vitamin dan mineral pada ikan salmon dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Selain itu ikan salmon kaya dengan asam lemak omega 3 yang berguna mencegah lahir cacat bagi anak yang sedang dalam kandungan ibu hamil. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon guna menjaga kesehatan tubuh.

Kalsium dalam kandungan Keju

Sumber kalsium pada keju memiliki kandungan yang serupa dengan susu. Mulai dari kalsium, vitamin, lemak, mineral, lemak, fosfor, kolesterol dan juga protein. Hal ini terjadi karena keju merupakan makanan yang berbahan dasar susu. Walaupun begitu sebaiknya jangan mengkonsumsi susu secara berlebihan karena apabila mengkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kolesterol. Sebaiknya anda mengatur secara bijak dalam mengkonsumsi susu.

Kandungan kalsium pada Oatmeal

Oetmeal adalah makanan yang terbaik untuk menjaga kesehatan jantung anda. Selain itu, Oatmeal tekenal kaya akan kalsium. Di dalam satu mangkuk oatmeal mengandung 105 mg, sehingga anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari apabila mengkonsumsi satu mangkuk oatmeal. Selain kandungan kalsium, oatmeal juga mengandung karbohidrat dan serat sangat cocok bagi anda yang sedang diet guna mengecilkan lingkar perut dan menurunkan berat badan. 

Kandungan Kalsium Alami pada Brokoli

Jika dibandingkan dengan makanan-makanan diatas, brokoli adalah salah satu sayuran yang sangat kaya akan kandungan kalsium, kandungan kalsium yang terkandung dalam brokoli sebesar 180 mg. Selain itu, brokoli mengandung nutrisi sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh anda terutama kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, dapat mengontrol tekanan darah yang mempunyai hipertensi, mencegah depresi pada diri seseorang, mencegah kanker dan tentu saja yang utama adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi anda.

Kandungan Kalsium pada Pisang

Sumber kalsium selanjutnya adalah pada buah pisang. Hampir semua orang suka memakan buah pisang, selain mudah di dapatkan, pisang ini juga memiliki harga yang terjangkau apabila kita membelinya di pasar terutama di pasar tradisional. Pisang mempunyai tekstur yang lembut sehingga sangat cocok di konsumsi oleh siapapun termasuk bayi dan orang tua, namun begitu ada beberapa pisang yang harus di waspadai karena memiliki biji, pisang tersebut adalah pisang biji. Kalsium yang terkandung dalam pisang berguna bagi kesehatan. Pisang juga mengandung potasium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan tekstur yang lembut, berguna untuk melancarkan system pencernaan anda.

Kandungan Kalsium pada Yoghurt

Yoghurt sebagai salah satu sumber kalsium alami berikutnya. Di dalam Yoghurt yang merupakan hasil dari proses fermentasi susu yang kaya akan manfaat. Kandungan bakteri dalam produk susu yang satu ini dapat membantu system pencernaan serta bisa digunakan untuk mengatasi keputihan pada wanita dewasa. Sebagian orang menggunakan yoghurt untuk melakukan diet karena berguna melancarkan sisitem pencernaan. Seperti halnya susu, yoghurt yang merupakan makanan berbahan dasar susu memiliki kalsium yang tinggi.

Kandungan Kalsium pada Kacang kedelai

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang mempunyai kandungan kalsium yang juga cukup tinggi. Satu cangkir kacang kedelai yang direbus tanpa adanya campuran garam mengandung kalsium sebesar 261 mg. selain untuk diolah menjadi makanan, kacang kedelai ini biasanya juga di olah menjadi minuman yang menyegarkan yang biasanya di jajakan di pagi hari di pasar-pasar. Minuman tersebut adalah minuman susu kedelai yang lezat dan kaya akan kalsium.

Kandungan Kalsium pada Kinoa

Kinoa atau quinoa adalah sejenis tanaman serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat indian, di pegunungan Andes, Amerika Selatan.  Biji Kinoa adalah bahan makanan yang tinggi akan kandungan gizi. Selain itu kinoa mengandung protein dan karbohidrat yang sangat tinggi. 1 cangkir kinoa apabila di masak maka akan menghasilkan 60 hingga 100 mg kalsium. Cukup sedikit jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Kandungan Kalsium Alami pada Kale

Kale merupakan makanan yang masuk ke dalam jenis kubis-kubisan atau yang biasa disebut dengan kol. Kandungan kalsium pada makanan kale adalah apabila dalam 1 cangkir kale itu sama dengan mengandung 90 gram kalsium, sehingga mengknsumsi 3,5 cangkir kale lebih bermanfaat daripada mengkonsumsi segelas susu.

Kandungan Kalsium pada Tofu

Selanjutnya adalah tofu. Tofu merupakan sumber kalsium alami yang dapat Anda konsumsi. Tofu atau tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan kedelai melalui proses fermentasi. Tofu sendiri memiliki tekstur yang lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Oleh sebab itu kebanyakan dalam pengolahan makanan ini biasanya lebih banyak menghancurkan bentuk apabila tidak hati-hati. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium dalam tofu sangatlah tinggi. Tofu juga seringkali direkomendasikan sebagai makanan pengganti susu.

Kandungan Kalsium pada Jeruk

Buah yang satu ini paling familiar untuk semua orang sama seperti buah pisang. Buah ini dapat di jumpai di warung-warung buah atau di pasar. Buah yang kaya vitamin ini juga dapat ditemukan hampir di seluruh belahan dunia. Rasanya yang enak dan segar membuat buah ini sangat disukai oleh semua orang. Tak hanya kaya akan vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 60 mg dalam setiap buahnya. Buah ini sangat segar dan cocok bila di santap di siang hari. 

Nah itulah beberapa sumber kalsium alami yang dapat Anda coba. Selain itu, ada juga kacang almond, ikan sarden, susu kedelai, biji wijen, lobak, buah dan juga sayuran hijau  merupakan yang makanan kaya akan kasium. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi motivasi hidup agar terus menjaga kesehatan mulai dari sekarang. Salam sehat selalu. Apotik Kesehatan 73.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design